Selasa, 01 Maret 2016

Eastern Kopi TM Jogja: Chicken Rice(s)

We all do love chicken rice. And when going to Singapore is too expensive for your weekdays lunch, I am grateful, God as we know it, gives us some restaurants to crash for chicken rice.

Kali ini kita ke Jogja karena ada satu rekomendasi dimana kita bisa dapet chicken rice yang konon enak banget untuk ukuran resto di sekitaran Solo  dan Jogja gitu. Resto yang satu ini namanya Eastern Kopi TM, nggak ngerti deh ini nama nya kenapa begini. Mungkin karena makanan nya oriental ya, secara Asia timur gitu. 



Tempatnya ada area indoor dan outdoor, yang indoor enak deh, adem. Dan banyak dinding kaca yang bikin penerangannya makin oke karena banyak cahaya matahari masuk. Tempat duduknya juga nyaman dan meja nya mostly nggak terlalu kecil, cukup buat kursi yang disediakan. Desain interior nanggung modern casual, yah, yang penting nyaman lah. Tiap meja nya bakal ada laci yang nyimpen alat-alat makan gitu guys.

this picture is taken from my friend's Intagram @marieta.eu

Langsung aja ke makanan yang kita highlight kali ya, chicken rice. Mereka punya dua macem chicken rice disini:

a. Ayam Rebus
b. Ayam Panggang (Charsiu)

Selain pilihan ayam, kita bisa milih mau pake nasi putih biasa atau nasi hainan. Untuk saus dan side dish nya semua sama tergantung pilihan ayam nya.

1. Nasi Hainan Ayam Rebus (39k) (Skor 9/10)
Yang satu ini chicken rice paling standar yah, pake ayam rebus gitu. Yang beda dari biasanya adalah warna kulit ayam rebusnya berwarna kuning, kalo biasa nya kan warna kulit pucat gitu doang. Gatau sih apa yang bikin warna nya jadi kuning gini, tapi GoGaga curiga kalo ayam nya udah diungkep dulu pake bumbu kuning sebelum di rebus. Well ga terlalu peduli sih, karena rasa ayam nya enak. Gurih nya sampe dalem dan yang jelas ini empuk, nggak terlalu kering atau alot. Nggak murni fillet karena ada tulangnya kecil-kecil, tapi rasanya mantap dan ga bikin kecewa.

Nasi hainan nya standar lah ya, berasa gitu tapi doesn't blow my mind. Varian ayam rebus ini ga bakal dikasih saus tapi dikasih bawah putih sama minyak, ini umum banget sih di chicken rice biasanya. Tapi yang satu ini gurih banget deh bawang dan minyak nya, kayanya ada lengkuas dan bumbu lain. Racikan ini dicampur ayam, kasih sambel trus dilahap sama nasi hainannya, OMG ENAK BANGET.


Look closer haha


2. Nasi Hainan Ayam Panggang/ Charsiu (39k) (Skor 8/10)
Yang satu ini juga enak, charsiu nya manis dan gurih. Enak deh dipaduin sama nasi hainan nya. Not bad at all, tapi emang rasanya masih kalah sama yang ayam rebus sih. Yang satu ini pake saus agak asem dan asin gitu. Not a bad choice at all. Cuma sayang char siu nya agak alot jadi bukan yang empuk gitu.




Menu

Maaf ya menu nya cuma print-print an kertas hvs, tapi emang gitu dikasihnya. Ada sih buku menu tebel yang berwarna gitu, tapi nggak ada harganya.

Eastern Kopi TM
Seturan, Yogyakarta
www.easternkopitm.com
wifi: Yes

Follo my Instagram: @kyirfano


0 komentar:

Posting Komentar